2 Jenis Pompa Industri yang Sering Digunakan

Dalam dunia industri, pompa merupakan salah satu mesin yang digunakan untuk memindahkan suatu cairan dari satu tempat ke tempat lain dengan cara menaikkan tekanan cairan tersebut.

Mesin pompa bekerja untuk menghisap, menghirup, serta menghembuskan air maupun angin. 

Pompa industri merupakan alat yang dibuat untuk membantu meringankan pekerjaan manusia ketika menarik air dari kedalaman atau mengisi sesuatu dengan angin.

Sehingga saat ini produk jual pompa industri dapat dijumpai di pasaran dengan kualitas serta jenis sesuai kebutuhan.

Jenis Pompa Industri

Secara umum terdapat 2 jenis kategori pompa industri yang masing-masing memiliki fungsi dan tujuan penggunaan tertentu, sebagai berikut.

1. Pompa Sentrifugal (centrifugal pump)

Pompa sentrifugal atau centrifugal pump merupakan jenis pompa yang digunakan sebagai suatu alat atau mesin untuk memindahkan cairan melalui tube atau pipa dari satu tempat ke tempat lain.

Pompa ini menggunakan impeller yang terus berputar sehingga menghasilkan energi untuk menggerakan cairan dalam saluran pipa. 

Proses kerjanya menggunakan jenis gaya sentrifugal pada pompa yang menjadi pilihan tepat untuk kondisi dengan aliran yang deras dan tingkat viskositas rendah.

2. Pompa Perpindahan Positif (positive displacement pump)

Jenis pompa industri ini tidak memiliki impeller untuk beroperasi. Pompa ini menggunakan komponen yang berputar untuk mendorong cairan dalam ruang tertutup sehingga menghasilkan tekanan yang akan mengalirkan cairan melalui sistem penyaluran.

Pompa perpindahan positif ini memiliki 2 tipe yaitu tipe rotary dan tipe reciprocating.

Pompa tipe rotary menggunakan mekanisme rotary atau berputar yang akan menimbulkan efek vakum untuk memindahkan fluida dari sisi inlet dan memindahkan ke sisi outlet. 

Lalu pada pompa perpindahan positif tipe reciprocating bekerja dengan menggunakan piston yang bergerak maju mundur dan mengarahkan aliran fluida ke satu arah saja. Gerakan maju mundur tersebut menciptakan aliran fluida yang stabil.

Pompa industri memiliki banyak jenis dan tipe dengan cara kerja serta fungsi yang berbeda. Sehingga sebelum Anda menggunakan dan membeli produk jual pompa industri, sebaiknya mencari tahu sesuai kebutuhan.

PT. Mojopahit Mandiri Jaya Sentosa adalah pilihan tepat bagi Anda untuk menemukan produk pompa industri berkualitas.