Apa Itu Air Conditioner dan Keuntungannya

Apa Itu Air Conditioner? Kenali Fungsi, dan Keuntungan Menggunakannya!

Air Conditioner dengan singkatan AC atau dalam bahasa Indonesia berarti pendingin udara adalah salah satu alat elektronik yang banyak digunakan untuk meredakan hawa panas dalam suatu ruangan atau area, terutama pada negara dengan suhu tinggi contohnya Indonesia.

Di artikel kali ini, kami akan memberi informasi seputar air conditioner termasuk pengertian, fungsi, dan keuntungan menggunakan air conditioner.

Apa Itu Air Conditioner?

AC atau air conditioner merupakan suatu alat atau mesin elektronik yang berfungsi mengatur suhu suatu ruangan, kelembapan dan kualitas udara di dalamnya. Pengaturan suhu ini umumnya berguna untuk membuat suhu suatu ruangan menjadi lebih dingin atau sejuk, sehingga ruangan terasa nyaman.

Tak hanya di rumah, air conditioner ini juga bertempat di gedung-gedung perkantoran, restoran, pusat perbelanjaan atau mall, sekolah, berbagai tempat umum, rumah sakit hingga hotel. Berbeda tempat pemasangan, maka berbeda pula jenis AC yang digunakan, berdasar pada kebutuhan dan volume dari ruangan itu.

Selain menjadi pendingin ruangan, AC ternyata juga bisa digunakan sebagai penghangat ruangan waktu dibutuhkan. Namun, mayoritas masyarakat di Indonesia lebih sering memakai air conditioner sebagai pendingin atau penyejuk ruangan.

Fungsi Air Conditioner

Pada lazimnya, masyarakat mengenal fungsi air conditioner sebagai pendingin dan penyejuk udara. Ternyata, air conditioner mempunyai beragam fungsi yang dapat Anda gunakan, contohnya mengatur suhu, mengatur kelembapan, dan mengatur kebersihan serta kualitas udara.

a. Mengatur Suhu Udara

Fungsi utama dari AC adalah mengatur suhu udara sesuai keinginan kita. Dengan bantuan remote AC, kita bisa memberi perintah pada unit AC untuk membuat udara di ruangan atau area yang kita inginkan berubah pada temperatur tertentu, seperti menjadi lebih dingin pada suhu 16 derajat Celcius, atau dingin yang lebih nyaman pada suhu 22 derajat Celcius. Pada AC, suhu terendah ada di suhu 16 derajat Celcius, sedangkan suhu tertinggi ada di angka 30 derajat Celcius.

Kunjungi Juga :

Service AC Di Cilandak Yang Terbaik Dan Profesional

b. Menjaga Kelembapan Udara

Selain mengatur atau mendinginkan udara, fungsi lain dari air conditioner yaitu sebagai penjaga dan pengatur kelembapan udara. jika Anda membutuhkan kelembapan udara yang lebih pada ruangan Anda, anda dapat mengatur suhu AC pada angka 24 hingga 26 derajat Celcius, atau dengan menggunakan mode cool.

Pada waktu Anda ingin menjaga kelembapan udara di tengah hawa lembap akibat musim hujan, Anda bisa merubah mode cool pada AC menjadi mode dry. Mode dry atau mode kering ini berguna untuk menyerap kelembapan berlebih pada ruangan sehingga udara lebih kering dan ruangan menjadi lebih nyaman untuk digunakan.

c. Membersihkan dan Meningkatkan Kualitas Udara

Fungsi ketiga yaitu membersihkan serta meningkatkan kualitas udara pada ruangan Anda. Air conditioner sekarang ini sudah lengkap dengan fitur filter udara yang bisa menyaring berbagai jenis kotoran dan debu pada udara. Selain itu, ada fitur lain yang dapat meningkatkan kualitas udara dengan membasmi berbagai jenis bakteri berbahaya yang ada di udara.

Sehingga, udara dalam ruangan Anda menjadi lebih bersih serta berkualitas baik untuk digunakan sehari-hari. Guna menjaga kebersihan ini, Anda harus teratur melakukan pembersihan dan cuci AC sehingga komponen filter selalu terjaga kebersihannya.

Keuntungan Menggunakan Air Conditioner

1. Meningkatnya Kualitas Udara

Keuntungan pertama dari penggunaan AC adalah kualitas udara ruangan Anda yang lebih terjaga ketimbang dengan tidak menggunakan pendingin ruangan sama sekali. Hal ini sebab adanya fitur AC yang lengkap dengan filter udara serta teknologi nanofilter untuk beberapa jenis AC. Fitur ini memungkinkan kualitas udara AC lebih terjaga dari berbagai debu, kotoran, jamur dan bakteri berbahaya.

Untuk menjaga kualitas udara, Anda juga wajib memperhatikan kebersihan AC dengan merawat serta membersihkan AC secara rutin.

2. Membantu Mudah Tidur

Untuk Anda yang menderita susah tidur, mungkin memasang AC dapat menjadi solusi. Hal ini karena suhu dingin dan kelembapan yang pendingin ruangan berikan dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks serta lebih mudah mengantuk.

3. Meningkatkan Produktivitas

Manfaat atau keuntungan ketiga dari penggunaan air conditioner ialah menambah produktivitas. Sebuah penelitian mnyebutkan bahwa penggunaan pendingin ruangan yang membuat suhu udara lebih dingin dan nyaman dapat meningkatkan kemampuan berpikir seseorang daripada berada dalam ruangan yang panas.

Udara panas membuat tubuh menghabiskan terlalu banyak tenaga untuk menurunkan temperatur tubuh, serta hanya tersedia sedikit tenaga untuk berpikir. Maka dari itu, penggunaan AC yang dapat menghasilkan hawa sejuk. Ini bisa membantu tubuh menjadi lebih rileks serta nyaman sehingga lebih mudah bagi Anda untuk berkegiatan dan berpikir.