Apa Saja Tanda Dan Gejala Sipilis?

Sahabat gogomall – Gejala sipilis dibedakan dalam 4 tahap, meliputi:

1. Sipilis Primer

Masa inkubasi antara 10 hari hingga 90 hari, penderitanya akan mengembangkan chancre yang merupakan suatu lepuhan seperti sakit dengan ukuran tertentu. Pada kebanyakan chancre tumbuh di dalam alat kelamin akan tetapi kemungkinan juga mengembangkannya di dalam mulut atau di dalam payudara.

Chancre pada dubur yang umum muncul pada pria homoseksual. Chancre pada wanita terkadang diabaika jika berkembang di dalam vagina atau di dalam serviks (leher rahim). Chancre tidak terasa sakit dan menghilang dalam 3 minggu hingga 6 minggu bahkan tanpa adanya penanganan.

Chancre menyerupai borok dari Limfogranuloma Venereum, Herpes Simpleks Virus (HSV) atau kulit tumor. Penderita sipilis tahap primer juga mengembangkan pembengkakan kelenjar getah bening dekat dengan chancre.

2. Sipilis Sekunder

Sipilis memasuki tahap sekunder antara 6 minggu atau 8 minggu hingga 6 bulan setelah itu infeksinya muncul. Chancre kemungkinan masih muncul meskipun sudah melakukan perawatan. Sipilis tahap sekudner adalah infeksi sistemik yang ditandai oleh lepuhan dari kulit ruam dan bisul di dalam membran mukosa. Ruam pada kulit akan mirip dengan sejumlah gangguan kulit lainnya akibat dari reaksi, Rubella, kurap, Mononucleosis dan Pitiriasis Rosea.

Tidak adanya rasa sakit dan gatal. Munculnya di dalam telapak tangan dan telapak kaki. Lepuhannya dapat bertahan dalam beberapa minggu atau beberapa tahun. Penderitanya kemungkinan juga mengembangkan kondiloma lata. Ruam kulit, mulut atau bisul pada genital dan kondiloma lata termasuk sangat menular.

Penderita sipilis tahap sekunder mengembangkan pembengkakan kelenjar getah bening di dalam ketiak, pangkal paha dan area leher. Sebagian mengembangkan radang dari mata, ginjam, hati, limpa, tulang dan sendi. Kemungkinan gejalanya mirip dengan gejala flu, demam, menggigil, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, pilek, sakit tenggorokan dan sakit sendi.

• Sipilis Laten

Sipilis laten adalah fase dari penyakit  yang ditandai oleh adanya gejala eksternal. Sipilis laten terkadang dibagi menjadi tahap awal (kurang dari 2 tahun setelah infeksi) dan tahap akhir. Selama tahap awal, penderitanya berisiko kambuh lagi yang ditandai dengan adanya bisul atau kulit ruam dari sipilis tahap sekunder. Pada tahap akhir, gejala kekambuhan ini jauh lebih kecil.

• Sipilis Tersier

Penderita sipilis tahap tersier tidak dapat menginfeksi orang lain dengan penyakitnya. Gejala ini merupakan gejala tertunda hipersensitivitas reaksi untuk Spirochete. Beberapa penderitanya mulai mengalami infeksi dari 3 tahun hingga 10 tahun setelah infeksi dan ditandai oleh pengembangan gumma atau pertumbuhan tumor yang kemungkinan melibatan kulit atau tulang. Akan tetapi dapat dikembangkan di dalam mata, membran mukosa, tenggorokan, hari atau lapisan perut.

Bagaimana? Menarik bukan artikelnya, baca juga artikel gogomall.co.id membahas apakah penyakit diabetes menular disini.