Inilah Tips Memilih Jenis Tali Tambang Plastik!

Tali tambang plastik merupakan salah satu jenis tali tambang yang kerap kali dibutuhkan dalam dunia industri. Namun, tidak terbatas hanya di dunia industri, tali tambang jenis ini juga sering digunakan dalam aktifitas sehari-hari seperti menjemur pakaian, mengikat hewan ternak, dan lainnya.

Umumnya, tali tambang jenis ini digunakan untuk mempermudah pekerjaan seperti mengangkat ataupun mengikat sesuatu. Namun, seiring berjalannya waktu fungsi dari tali tambang berbahan dasar plastik ini berguna untuk hal-hal lainnya. Berikut berbagai jenis serta kegunaanya.

Berbagai Jenis Tali Tambang Plastik

Tali tambang material plastik hadir dalam berbagai macam bahan. Setiap jenis tali tambang ini memiliki kelebihannya masing-masing. Sehingga, harga tali tambang plastik dibandrol berbeda-beda sesuai dengan kegunaannya. Berikut jenis-jenis tali tambang bermaterial plastik yang biasa digunakan sehari-hari.

1. Tali Nylon

Pertama adalah tali nylon. Karakteristik dari tali ini yaitu memiliki ketahanan dan kekuatan yang tinggi. Sehingga, sering dijumpai dalam industri atau aktivitas berat. Harga dari tali tambang nylon ini cenderung lebih mahal dari jenis lainnya.

2. Tali PE

Kedua, jenis tambang PE yang terbuat dari serat sintetis polyethylene. Tali Janis ini memiliki sifat yang lebih lentur dibandingkan jenis tali nylon. Tali jenis ini cocok digunakan untuk kegiatan ringan seperti olahraga, packing, dan lashing. Harga tali tambang jenis PE untuk kebutuhan sehari-hari dibanderol mulai dari Rp. 10.000.

3. Tali Poliprolyene

Terakhir, tali tambang jenis poliprolyene. Karakteristik dari tali ini cenderung lebih kasar dibandingkan dengan dua jenis tali sebelumnya. Sehingga, sangat cocok untuk kegiatan berkebun, mooring, towing, dan lainnya. Harga tali tambang jenis poliprolyene dapat kamu cek di beberapa market place.

Tips Memilih Tali Tambang Material Plastik

Setelah mengetahui tentang beberapa jenis dari tali tambang bermaterial plastik beserta dengan karakteristiknya. Berikut ini beberapa tips yang perlu kamu lakukan sebelum membeli tali tambang supaya tidak salah pilih.

1. Cari Tahu Kebutuhanmu

Cara yang pertama adalah cari tahu terlebih dahulu kebutuhanmu. Dengan mencari tahu kebutuhan, kamu akan terhindar dari salah pilih tali. Contohnya, jika kamu membutuhkan tali yang cukup lentur kamu bisa pilih tali jenis PE.

2. Beli Tali Tambang Di Tempat Terpercaya

Sebagai pembeli, penting untuk selalu teliti dalam membeli sesuatu. Salah satu contohnya, ketika kamu akan membeli tali tambang, pastikan untuk memilih toko resmi atau toko yang memberikan garansi jika barang tidak sesuai atau kualitasnya kurang.

Dengan mengetahui dan memahami beberapa tips tersebut, Anda akan memilih tali tambang plastik terbaik sesuai dengan kebutuhanmu. Selain itu, kamu juga tidak akan tertipu oleh harga yang ditawarkan.