Jenis Kertas Untuk Mencetak Buku Novel

Bagi Anda yang ingin mencetak dan menerbitkan buku novel secara mandiri, maka penting untuk mengetahui jenis kertas untuk mencetak buku novel yang cocok digunakan. Karena jenis kertas yang digunakan harus sesuai dengan penggunaannya dan kenyamanan pembaca.

Jenis Kertas

Setiap penulis berkesempatan untuk menerbitkan bukunya secara indie atau mandiri melalui kerja sama dengan penerbit indie maupun jasa cetak buku terpercaya. Berikut ini beberapa jenis kertas yang bisa digunakan, di antaranya:

1. Bookpaper

Ssuai namanya, bookpaper sangat cocok digunakan untuk mencetak buku novel. Ciri khas dari kertas ini adalah berwarna cream atau coklat dengna ketebalan standar antara 55 gsm hingga 57,5 gsm. Dengan menggunakan buku jenis ini, membaca pun menjadi lebih nyaman karena teduh ketika dipandang.

2. HVS

Tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis kertas satu ini yang biasa tersedia di tempat fotocopy maupun usaha percetakan. Anda juga bisa menggunakan kertas HVS untuk mencetak buku. Jenis buku yang biasanya dicetak dengan kertas HVS berwarna putih adalah karya non fiksi.

3. Art Paper

Jenis kertas ini terbilang tebal dengan gramasi antara 100 – 180 gsm. Untuk mencetak novel sebenarnya jenis kertas ini tidak terlalu disarankan karena terlalu tebal. Namun, masih bisa dijadikan kertas untuk sampul atau cover buku.

Art paper lebih sering digunakan untuk mencetak portofolio, buku company profile, katalog promosi, majalah, buku tahunan, dan lain sebagainya.

4. Art Carton

Jenis kertas ini memiliki karakter bertekstur licin, halus, mengkilap, dan berwarna putih sehingga cocok untuk mencetak bagian cover buku novel. Art carton memiliki ketebalan antara 190 – 310 gsm dan ukuran gramasi yang sering digunakan untuk novel adalah 230 gsm – 260 gsm.

5. Fancy Paper

Kertas fancy paper memiliki tekstur yang berbeda dengna jenis lainnya dan biasa digunakan untuk buku menu atau undangan pernikahan. Namun, untuk buku novel biasa lebih cocok dijadikan sebagai cover atau sampul bagian depan dan belakang.

Anda bisa memilih salah satu dari beberapa jenis kertas untuk buku novel di atas sesuai dengan kebutuhan dan budget masing-masing.