Kegunaan Lensa Kacamata Minus, Beserta Jenis yang Sesuai dengan Anda

Penggunaan lensa kacamata minus sudah umum di kalangan masyarakat. Sebenarnya apa yang membuat orang tersebut harus menggunakan lensa kacamata minus? Apalagi di zaman sekarang ini beragam jenis kacamata minus yang ditawarkan sampai Anda sendiri bingung memilih jenis kacamata yang seperti apa.

Mata manusia sendiri telah diciptakan untuk melihat dengan jelas objek dengan jarak yang  dekat bahkan jauh sekalipun. Mata juga memiliki lensa yang bekerja untuk menerima cahaya dari objek yang terlihat kemudian meneruskannya pada retina dan mengatur fokus cahaya agar tepat di retina.

Berbagai pekerjaan yang menuntut Anda terus menerus menggunakan komputer, laptop, gawai, dan sejenisnya dalam waktu lama dapat mengganggu kerja lensa mata Anda sehingga bayangan objek berada di depan retina. Inilah yang membuat mata Anda tidak dapat melihat dengan jelas objek yang jaraknya jauh.

Nah, hadirlah teknologi yang namanya kacamata dengan lensa minus berbentuk cekung untuk membantu lensa mata Anda memfokuskan cahaya dari objek yang terlihat agar tepat di retina sehingga mata Anda dapat melihat objek yang jaraknya  jauh dengan jelas.

Jenis-Jenis Lensa Kacamata Minus

Beragam jenis lensa kacamata, mulai dari jenis lensa kacamata minus paling tipis dan paling tebal. Tentunya ada perbedaan dari bahan penyusunnya. Berikut ini jenis-jenis lensa kacamata berdasarkan bahan penyusunnya:

1. Kaca

Jenis bahan ini pertama kali digunakan dalam pembuatan kacamata. Keunggulannya tidak mudah tergores. Namun kaca mudah pecah dan berat saat Anda gunakan.

Jika koreksi visual/ minus mata Anda tinggi maka semakin tebal kaca dan membuatnya semakin berat. Jenis ini tidak cocok bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan dan memiliki minus tinggi.

2. Plastik

Bahan kaca tidak ramah digunakan sehari-hari sehingga tercetus penggunaan bahan berbasis plastik yang lebih ringan, nyaman dan aman dikenakan saat beraktivitas. Jenis lensa kacamata minus berbahan plastik yang sering digunakan adalah sebagai berikut:

3. Polikarbonat

Lensa jenis polikarbonat memiliki struktur yang tipis dan ringan. Walaupun begitu, lensa ini tahan terhadap benturan. Kelebihan lainnya dapat melindungi dari sinar ultraviolet. Lensa jenis ini cocok untuk Anda yang sering beraktifitas di luar ruangan.

4. Trivex

Lensa berbahan trivex juga tahan terhadap benturan, namun strukturnya tidak lebih tipis dari bahan polikarbonat. Keunggulannya dapat membelokkan cahaya dengan baik dibandingkan lensa polikarbonat. Jenis lensa ini cocok jika Anda menggunakan bingkai kacamata yang besar.

5. High index

Lensa plastik yang satu ini merupakan lensa kacamata minus terbaik karena memiliki struktur lensa kacamata minus yang paling tipis dan ringan. Jenis lensa ini cocok untuk Anda yang memiliki koreksi visual/ minus yang tinggi.

Jika penglihatan Anda mulai kabur ketika melihat objek jarak jauh, maka berkunjunglah ke optik untuk memilih lensa kacamata minus yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda.