Kenali Apa Saja Jenis dan Manfaat Vitamin Untuk Tumbuh Kembang Anak

Memberikan asupan vitamin yang cukup untuk buah hati Anda memang sangat dianjurkan. Karena vitamin ini punya peran yang sangat penting bagi tumbuh kembangnya. Anak yang mendapat manfaat vitamin sepenuhnya akan tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, sehat dan tentunya membuat orang tua tak perlu khawatir.

Vitamin punya beberapa jenis seperti vitamin A, C, D, E, K, dan masih banyak lagi jenisnya. Oleh karena itu di bawah ini akan dibahas sedikit mengenai beberapa jenis vitamin tersebut dan apa manfaatnya untuk tubuh si kecil.

1. Vitamin A

Vitamin A manfaatnya tak perlu lagi diragukan. Khususnya untuk penglihatan dan juga kulit anak Anda. Selain itu manfaat lainnya ialah dapat membantu proses pertumbuhan jaringan pada tubuh anak menjadi lebih cepat sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

2. Vitamin D

Untuk vitamin D, anak bisa mendapatkannya dari sinar matahari pagi setiap harinya. Manfaat dari vitamin ini pun tak lain membantu proses penyerapan kalsium agar lebih cepat dan membantu jaga kesehatan dari tulang serta gigi. Akibat dari kurangnya vitamin D ini cukup fatal bagi bayi, karena dapat menyebabkan sejumlah penyakit gangguan tulang lainnya seperti rakitis dan sebagainya.

3. Vitamin C

Jika ingin memaksimalkan pembentukan sel darah merah serta jaringan pada tubuh si kecil, maka konsumsi vitamin C ini harus diperbanyak. Tak hanya itu saja, ia bahkan memiliki peran penting dalam hal meningkatkan imun tubuh sekaligus menjaga kesehatan gusinya. Maka dari itu, perbanyak asupan vitamin C tapi tetap harus dalam batas yang masih wajar.

4. Vitamin K

Pentingnya mendapatkan asupan vitamin K ini sama sekali tidak boleh dianggap remeh. Karena manfaatnya untuk pembekuan darah bisa membuat luka cepat menutup dan pulih. Bayangkan apabila asupan vitamin K dalam diri anak-anak semakin berkurang setiap harinya. Maka luka yang mereka alami bahkan sekecil apapun akan sangat sulit untuk sembuh sendiri.

5. Vitamin B9

Vitamin B9 atau asam folat sangat baik bagi tubuh si kecil. Hal ini karena folat mampu membantu tingkatkan pembentukan sel darah merah dan membuat pertumbuhan sel tersebut semakin cepat. Kemudian selain menjaga sistem kekebalan tubuh anak, vitamin B9 juga sangat bermanfaat dalam hal menjaga kesehatan otot serta saraf si kecil.

6. Vitamin E

Jenis vitamin lainnya yang harus orang tua penuhi untuk tumbuh kembang anak adalah vitamin E. Di mana vitamin E ini fungsinya sebagai antioksidan yang dapat membantu pertumbuhan sel dan juga saraf serta ototnya semakin baik.

Sebenarnya pun masih ada banyak lagi jenis dan manfaat vitamin yang harus Anda ketahui. Namun, beberapa vitamin di atas merupakan yang paling utama yang harus Anda penuhi agar tubuh si kecil semakin baik perkembangannya.