Kota Paling Timur Indonesia

Indonesia merupakan negara yang memiliki beberapa pula, provisinsi, kebudayaan, suku, ras, serta agama. Dari ragam provinsi yang tersebar di Indonesia setiap daerah menyimpan keistimewaan tersendiri.  Terkutip dari Dieselpunks.org Seperti daerah  yang terletak di kota paling timur Indonesia, yakni kabupaten Merauke berada di provinsi Papua atau Irian Jaya. Tempat ini merupakan tempat yang unik serta istimewa karena merupakan kota paling timur di Indonesia.

Mengenal Merauke, Indonesia

Tidak banyak yang mengetahui atau mengenal kabupaten Merauke sepenuhnya, bahkan kadang masih ada yang beranya-tanya di mana itu Merauke? Padahal seharusnya kita mengetahui tentang Merauke yang disebutkan dalam lirik sebuah lagu nasional negara kita, berjudul“Dari Sabang Sampai Merauke”. Maka dari itu mari simak beberapa uraian mengenai kabupaten Merauke.

  1. Kabupaten Terluas

Salah satu keistimewaan kota paling timur Indonesia yakni merupakan kabupaten terluas dengan ibu kota Merauke. Memiliki luas 46.791,63 km² atau 14,67% dari jumlah keseluruhan daerah provinsi Papua dan terluas di Indonesia.

  1. Jumlah Penduduk dan Sumber Mata Pencaharian

Dari hasil catatan sipil penduduk pertahun 2021, penduduk di kabupaten ini mencapai 230.932 Jiwa. Melihat dari letak geografis kabupaten ini, mata penchariannya yang menjadi sumber kehidupan adalah sebagai nelayan, berburu dan berkebun.

  1. Letak Geografis dan Iklim

Letak geografis dari tempat ini ialah 137o – 141o BT dan 6o00′ – 9o00′ LS. Umumnya berdataran rendah, memiliki kemiringan mencapai 0-8%,bagian timur dan utara agak tinggi atau bergelombang dengan sedikit berbukit, Pasang surut air laut mencapai 5-7 m.

Iklim di kabupaten ini adalah iklim tropis basah dan kering. Dimana pada bulan Mei sampai Oktober musim panas dan pada bulan Desember sampai April musim penghujan.

Terlepas dari gelar sebagai kabupaten terluas, Merauke juga menyimpan banyak keindahan. Seperti Pantai Payum yang belum banyak dikunjungi orang, Pulau Habe dengan permukaan unik berlumpur atau dikenal sebagai Rio de Janeiro Indonesia, dan masih banyak lagi. Kota paling timur Indonesia keindahannya harus anda nikmati, selepas pandemi ini berakhir sudah saatnya menikmati keindahan Indonesia yang tiada habisnya.