Layanan Fintech Syariah

Teknologi canggih mulai dari blockcain sampai kecerdasan buatan mampu mengubah layanan keuangan. Berita fintech Indonesia menerangkan bahwa Finansial Islam pun tidak berbeda. Layanan fintech syariah saat ini bermunculan di berbagai negara Islam maupun non Islam, mempunyai target untuk memenangkan market dari jutaan masyarakat muslim.

Layanan Fintech Berbasis Syariah

Fintech syariah adalah layanan keuangan yang mengkolaborasikan aspek patuh pada syariat Islam melalui keuangan digital. Ini mempermudah masyarakat dalam mengakses tabungan, asuransi, investasi serta hipotek sejalan prinsip keimanan mereka. Berikut beberapa layanan dari fintech syariah untuk anda ketahui.

1. Pendanaan

Setoran berbasis Deposit (bisa dengan berdasarkan Qard), pembayaran, layanan akun investasi, menajemen likuiditas dan penagihan yang sesuai syariat Islam. Contoh perusahaan fintech dengan penawaran jasa ini yaitu AmalPay, PayHalal, Platform Akun Investasi.

2. Modal Kerja

Yaitu model kerja murabahah/ mudharabah/ wakala/ surat kredit. Contoh perusahaan bidang fintech syariah yang menawarkan layanan tersebut yaitu Waqfe – Bahrain (menyediakan platform perbankan digital).

3. Pembiayaan

Layanan fintech syariah ini menggunakan akad mudaraba/ murabahah/ musyarakah/ istisn’a/ pembiayaan salam/ ijara, keuangan mikro berbasis syariah. Perusahaan yang menawarkan layanan ini bukan hanya di Indonesia saja, namun juga di Malaysia, Singapura, Blossom Finance dan Australia.

4. Pasar Modal

Layanan yang ditawarkan adalah treasury bank Islam, Obligasi Islam (Sukuk). Perusahaan yang menawarkan lauanan ini yakni pertukaran crypto (Adab Solution).

5. Manajemen Kekayaan

Layanan fintech berbasis syariah ini adalah manajemen kekayaan yang dijalankan berdasarkan syariah untuk HNWI dan ritel. Ditawarkan oleh AS – Wahed (investasi penasehat Robo platform ) serta Hello Gold (emas blockchain investasi).

6. Asuransi

Mencakup layanan re-asuransi dan asuransi, perusahaan yang menawarkan layanan ini adalah Insure Halal dan Uplift Mutuals.  Perusahaan fintech syariah ini terlihat jelas mampu meningkatkan inklusi keuangan yang baik di Indonesia ataupun secara global.

Nah, itulah berbagai layanan fintech syariah yang ternyata cukup beragam dalam kehidupan sehari-hari. Penawaran fintech syariah ini tentu bisa menjadi opsi yang tepat bagi umat Muslim yang membutuhkan dana tanpa harus terjerat bunga atau riba yang dilarang dalam Islam.