Penangan Covid Bersama SehatQ.com

Covid yang ada di Indonesia sudah mampu merubah semua kegiatan manusia, mulai dari bekerja, sekolah dan kegiatan lainnya yang tidak dapat berjalan dengan lancar. Selain itu tingkat perekomian masyarakat juga semakin menurun, diakibatkan banyaknya pembatasan kegiatan masyarakat.

Ada berbagai upacaya dalam menangani pandemi yang tidak berkesudahan ini, mulai dari menerapkan 3 M, banyak berolahraga dan istirahat cukup, menjaga kebersihan dan kesehatan, hingga PPKM diberlakukan.

Jika berbicara tentang penanganan Covid, maka tidak luput dari keberadaan tabung okigen yang sangat dibutuhkan dalam penyembuhannya. Hal ini dikarenakan virus CovidĀ  yang penyerang bagian paru-paru penderita sehingga menyebabkan sesak nafas dan harus dibantu dengan tabung oksigen.

Sama halnya dengan APD, tabung oksigen atau yang sering disebut dengan oksigen medis memang sangat diperlukan. Mengingat semaikin banyak yang terpapar Covid dan perlu penanganan intens. Lalu apakah anda sudah tau review beberapa fungsi oksigen pada penanganan pasien Covid-19? Jika jawabannya belum, maka anda bisa membaca penjabarannya di bawah ini.

Kegunaan Oksigen Medis Bagi Pasien Covid

Oksigen medis memang dirancang khusus bagi penanganan pasien yang membutuhkan bantuan oksigen. Lalu apa fungsi oksigen medis bagi pasien Covid?

Fungsi oksigen medis bagi penderita Covid adalah sebagai alat pembantu meningkatkan saturasi oksigen pada penderita. Saturasi oksigen adalah dimana presentase Hemoglobin (HB) yang mengikat oksigen atau kejenuhan HB yang teroksigenisasi.

Pada pasien penderita Covid, ketika memiliki kadar oksigen rendah, maka akan mengalami happy Hipoxia yaitu kondisi yang ditandai dengan saturasi rendah namun tidak bergejala. Saturasi oksigen dapat diukur menggunakan alat yang dinamakan oximeter. Cara penggunaannya, alat ini dijepitkan pada jari tangan pasien yang kemudian muncul jumlah cahaya yang dipantulkan oleh sinar inframerah ke pembuluh darah kapiler. Jumlah cahaya ini digunakan sebagai pengukur jumlah saturasi oksigen yang ada pada tubuh pasien.

Penyebab Saturasi Oksigen Pada Pasien Covid

Ketika sudah mengetahui tentang saturasi oksigen, selanjutnya kita bahas tentang penyebab dari saturasi oksigen tersebut. Saturasi oksigen disebabkan oleh dua hal yaitu yang pertama karena adanya infeksi virus pada paru-paru, sehingga mengakibatkan penumpukan cairan sehingga oksigen sulit untuk masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu paru-paru tidak bisa berfungsi dengan baik. Yang kedua adalah sistem peredaran darah yang tidak stabil atau tidak merata. Dengan begitu oksigen juga tidak dapat mengalir dengan baik ke seluruh tubuh.

Dua Cara meningkatkan Saturasi Oksigen

Cara meningkatkan saturasi oksigen terutama bagi pasien Covid, dapat dilakukan dengan cara mandiri bagi yang tidak bergelaja, seperti olahraga teratur, tidak merokok dan banyak-banyak menghirup udara segar. Maka dari itu, pastikan udara yang ada dikeliling anda tidak kotor sehingga dapat segera menstabilkan saturasi oksigen tubuh.

Sedangkan cara yang dilakukan bagi pasien Covid yang butuh penanganan khusus, dapat menggunakan oksigen untuk menstabilkannya. Oleh karena itu kenapa di era pandemi, keberadaan oksigen beserta tempat refill oksigen sangat diharapkan keberadannya.

Bagi anda yang membutuhkan pengetahuan tentang keberadaan tempat refill oksigen terdekat, anda dapat melihatnya di situs web SehatQ.com. disitu anda akan disuguhkan berbagai informasi mengenai tempat refill oksigen terdekat, harga, hingga jadwal pengisiannya. Karena pada dasarnya oksigen memang sangat diperlukan demi kelangsungan hidup, maka tidak salah jika keberadaannya sangat dicari oleh banyak orang. Semoga pandemi segera berakhir, dan tetap semangat bagi pasien, tenaga medis dan juga para relawan tanggap covid diseluruh Indonesia.