Pengertian CCTV (Closed Circuit Television)

CCTV adalah singkatan dari Closed Circuit Television. Ini adalah teknologi pengawasan yang digunakan untuk memantau lokasi dan aktivitas. Sistem CCTV biasanya memiliki hubungan khusus antara kamera dan monitor. Penggunaan sistem semacam itu telah berkembang dan menjadi lebih umum belakangan ini. Jumlah yang sangat besar sedang diinvestasikan dalam CCTV sebagai alat utama dalam memerangi kejahatan dan teror.

 

Keamanan Rumah

Pertumbuhan ini ditakdirkan untuk meluas ke rumah-rumah warga negara. Di masa meningkatnya kekerasan dalam rumah tangga, pemasangan CCTV dapat sangat membantu. Pengumpulan bukti rekaman video sangat membantu setiap kasus pengadilan. Teknologi ini juga digunakan di rumah sakit untuk mengawasi profesional kesehatan yang dicurigai melakukan kekerasan terhadap pasien mereka.

 

Itulah hebatnya CCTV. Kemampuannya terus diperluas. Meskipun tujuan utamanya adalah untuk mendeteksi dan mencegah kejahatan, sistem CCTV kini telah digunakan untuk memantau pembuangan sampah, pelanggaran lalu lintas, dan berkeliaran. Bahkan merokok dan minum di bawah umur terkadang menjadi fokus dari beberapa sistem CCTV. Inovasi lain juga sedang ditemukan. Sistem CCTV dapat membantu dalam pengamatan bahasa tubuh. Ini pada gilirannya dapat menghasilkan informasi tentang penggunaan narkoba atau alkohol dalam suatu subjek. Dapat dikatakan bahwa CCTV adalah alat yang sangat berharga dalam menjaga ketertiban umum.

Itu mungkin mengapa hal itu menjadi bagian integral dari kebijakan publik juga. Personel penegak hukum serta politisi mendukungnya sebagai cara yang hemat biaya untuk meningkatkan metode keamanan. Dampaknya terhadap penegakan hukum lebih besar daripada inisiatif teknologi lainnya dalam beberapa tahun terakhir.

CCTV juga memiliki penerimaan publik yang besar. Mungkin ada sebagian orang yang menentangnya tetapi masyarakat umum tampaknya setuju bahwa teknologi membuat mereka merasa lebih aman. Itu telah menjadi simbol keamanan dan perasaan lebih baik tentang dunia pada umumnya. Kritikus CCTV sering dilihat sebagai radikal fanatik.

 

Teknologi Dibalik Lensa

Sistem CCTV modern terdiri dari kamera dengan kemampuan pan, tilt dan zoom. Kamera-kamera ini dioperasikan dari jarak jauh dari ruang kendali pusat. Banyak teknologi canggih lainnya terintegrasi ke dalam sistem ini. Ini termasuk penglihatan malam, operasi dengan bantuan komputer, deteksi gerakan, dan bahkan pengenalan wajah. Casing kamera juga biasanya anti peluru dan memiliki mekanisme pertahanan otomatis jika ada orang yang mencoba merusaknya.

Kejernihan gambar yang direkam oleh CCTV seringkali sangat baik. Itulah mengapa rekaman CCTV sangat berharga dalam sebuah kasus pengadilan. Sistem ini dapat melihat setumpuk kartu dari jarak seratus meter. Sebagian besar sistem ini dapat bekerja dalam kondisi cahaya yang sangat rendah dan membawa gambar ke tingkat siang hari.

CCTV bukan sihir. Ini hanyalah penerapan beberapa teknologi untuk tujuan tertentu. Umumnya tujuan tersebut adalah untuk meningkatkan keamanan pada suatu wilayah tertentu. Karena sangat hemat biaya, tidak mengherankan jika tingkat penerimaannya sangat tinggi di kalangan masyarakat umum. Dan orang hanya bisa berharap penerimaan itu tumbuh seiring berjalannya waktu

Sumber Artikel: Pasang CCTV di Pekanbaru