Pengertian, Manfaat Dan Aturan Pakai Azithromycin

Azithromycin merupakan sebuah obat yang dapat digunakan dalam mengatasi infeksi bakteri yang terdapat pada saluran pernafasan, mata, kulit, dan saluran kelamin. Azithromycin bekerja dengan melkuakn penhambatan pertumbuhan jenis virus dan bakteri yang menyerang organ tubuh manusia, obat ini dipakai dalam dosis dan takaran sesuai resep dan aturan pakai yang sudah ditetapkan dokter. Pemakian Azithromycin berguna sebagai salah satu cara yang dapat dilakukan dalam pengobatan penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri. Azithromycin merupakan golongan obat antibiotic yang dikemas dengan berbagai bentuk diantaranya, kapsul, tablet, dan suntik. Obat ini mempu mengehentikan pertumbuhan bakteri yang terdapat didalam tubuh akan tetapi obat ini tidak dapat dipakai dalam mengatasi inveksi virus. Azithromycin dapat diapakai dalam mengatasi dan mencegah infeksi bakteri diantaranya, radang paru-paru, radang tenggorokan, infeksi telinga tengah. Dari hasil uji dan peneltian ternyata azithromycin dapat dipakai sebagai obat yang dapat digunakan pasien covid, akan tetapi bukan sebagai antibiotik, namun untuk inflamasi dan sebagai zat yang menstimulasi respons imun didalam tubuh.

Apakah aman obat azithromycin dikonsumsi ibu hamil? Pada uji percobaanya azithromycin di uji pada hewan dan tidak terjadi apa-apa pada janin hewan tersebut, namun obat inimasih belum di uji pada ibu hamil dan sebagai saran dokter adalah obat ini tidak masalah dikonsumsi asalkan jumlah manfaat obat lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah resiko. Dalam menggunakan azithromycin terdapat sebuah aturan pakai obat yang wajib diketahui diantaranya

1. Radang paru-paru

  • Untuk anda yang mempunyai riwayat sakit jantung, gangguan ginjal dan hati sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakan azithromycin.
  • Jika setelah anda menjalani oprasi, maka dianjurkan untuk menanyakan kepada dokter tentang jumlah dosis azithromycin yang sesuai dengan kesehatan anda.
  • Jangan pernah mengkonsumsi azithromycin jika anda mempunyai riwayat alergi azithromycin
  • Jika terjadi alergi obat atau overdosis, usahakan anda segera berkonsultasi kepada dokter tentang keluhan yang anda rasakan agar segera mendapat penanganan dan dapat disembuhkan.

Namun, berapa jumlah dosis yang tepat azithromycin bagi kesehatan tubuh? jumlah dosis pada obat tentu berbeda dan setiap dosis mempunyai pengaruh yang berbeda. Adapun jumlah dosis yang tepat bagi kesehatan diantaranya

  • Dalam bentuk kapsul atau tablet obat azithromycin dikonsumsi dihari pertama dengan dosis azithromycin 500 mg dengan diikuti dosis 250 mg dihari ke dua sampai hari ke lima.
  • Dalam bentuk suspensi untuk pasien yang berusia 6 bulan keatas dosis obat azithromycin yang baik dikonsumsi adalah 10 mg dihari pertama dan 5 mg pada hari ke dua sampai ke lima.
  • Dalam bentuk suntik untuk pasien dewasa paling tepat adalah 500 mg dan dilakukan 1 kali suntik setidaknya hingga 2 hari. untuk hari berikutnya bisa dilanjutkan dengan mengkonsumsi kapsul 500 mg selama 7 sampai 10 hari.

2. Mata merah

Untuk obat tetes Azithromycin pada penderita mata merah dengan usia dewasa dan anak diatas 1 tahun, paling tepat adalah dengan menggunakan 1-2 kali tetes dalam sehari. Kemudian dilanjutkan dihari berikutnya 1 kali tetes dalam sehari dan dilakukan sampai 5 hari.

3. Infeksi saluran pernafasan

Dosis yang dapat digunakan dalam mengatasi masalah pada saluran pernafasan adalah 500 mg per hari dan dikonsumsi selama 3 hari. Untuk bentuk suspensi pada anak usia 6 bulan ke atas adalah 10 mg dan diberikan 1 kali per hari yang dilakukan selama 3 hari.