Pengertian USG 4D: Manfaat, Jadwal, dan Biaya Lengkap!

Pada saat memasuki trimester kehamilan ketiga, Anda yang sedang hamil pasti sudah tidak sabar untuk melakukan pemeriksaan rutin. Pasalnya pada trimester tersebut Anda sudah bisa melakukan pemeriksaan USG 4D. Harga USG 4D ini tentunya lebih mahal karena bisa memperlihatkan janin dengan lebih jelas dan detail.

Oleh karena itulah sangat penting untuk mempersiapkan budget sebelum meminta dokter melakukan pemeriksaan tersebut. Bukan cuma itu saja, Anda juga harus mencari tahu lebih banyak tentang USG 4D mulai dari pengertiannya, manfaatnya, sampai dengan biaya harga USG 4D. 

Pengertian USG 4D

USG atau Ultrasonografi 4D merupakan pemeriksaan untuk melihat kondisi janin dalam kandungan dengan menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar bergerak atau video dalam rahim. Lewat USG ini Anda bisa melihat video janin dalam rahim dengan jelas dan detail.

Bukan cuma itu saja, lewat USG ini Anda juga bisa melihat apa yang sedang dilakukan calon buah hati dalam kandungan. Selain itu, lewat pemeriksaan USG 4D ini dokter juga bisa melihat dan mengecek apakah ada masalah pada janin atau tidak.

Manfaat USG 4D

Dengan harga USG 4D yang lebih mahal dibanding USG 2D dan 3D, tentunya manfaat yang diperoleh lebih banyak dan lebih bagus. Dengan melakukan pemeriksaan USG 4D Anda akan mendapat manfaat sebagai berikut:

  • Melihat tubuh janin secara utuh dan detail, termasuk bagian tubuh seperti kelamin, hidung dan mulut.
  • Karena gambarnya sangat jelas, dokter bisa mendiagnosis apakah terdapat kelainan atau tidak pada janin.
  • Dokter bisa melakukan pemeriksaan organ dalam janin seperti paru-paru, jantung, dan lain-lain lewat USG 4D.
  • Dokter bisa memeriksa posisi janin, aliran darah, dan cairan ketuban dengan lebih detail.
  • Pemeriksaan USG 4D digunakan untuk pemeriksaan medis dokter.

Waktu Pemeriksaan USG 4D

Beda dengan USG 2D, untuk melakukan pemeriksaan USG 4D Anda harus menunggu usia kehamilan mencapai minimal minggu ke-26 sampai minggu ke-30. Kenapa harus menunggu sampai minggu ke-26? Karena bentuk janin sebelum minggu ke-26 masih belum terbentuk sempurna.

Sebelum minggu ke-26, janin masih memiliki sedikit kulit dan masih terlihat tulang-tulang wajahnya. Sedangkan setelah menginjak minggu ke-30, kepala janin biasanya sudah mulai masuk ke jalan lahir sehingga akan sulit untuk melihat wajah janin.

Biaya USG 4D

Biaya atau harga USG 4D di setiap klinik atau rumah sakit berbeda-beda tergantung dari lokasi klinik atau rumah sakit, kebijakan klinik, ahli yang melakukan, hasil yang didapat, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin melakukan pemeriksaan USG 4D yang murah dan berkualitas, Anda bisa mengunjungi klinik KEHAMILAN SEHAT terdekat di tempat Anda.

Pemeriksaan USG 4D di klinik KEHAMILAN sehat sangat terjangkau, mulai dari Rp200 ribuan saja. Jika Anda pasien lama, maka harga USG 4D akan lebih murah dibandingkan pasien baru.