Penting Lakukan ini Saat Bercerai dengan Warga Negara Denmark

Ketika Anda menikah dengan orang Denmark lalu kemudian cerai, penting untuk mengurus akta cerai. Mengurus akta cerai dengan warga negara asing memang lebih sulit karena harus mendapatkan legalisir dari kedutaan negara terkait. Misalnya cerai dengan warga Denmark berarti harus mempunyai legalisir kedutaan Denmark.

Legalisir Akta Cerai Denmark

Melegalisir akta cerai dari kedutaan Denmark sangat penting untuk kelancaran status hukum setelah resmi bercerai. Contohnya status kewarganegaraan, hak asuh anak, dan harta gono-gini. Berikut ini cara melegalisir akta cerai di kedutaan Denmark.

Terjemahkan Akta Cerai

Setelah Anda mempunyai akta cerai, untuk dapat dilegalisir oleh kedutaan Denmark harus membuat salinan dengan terjemahan bahasa Inggris. Proses penerjemahan ini harus dilakukan oleh penerjemah tersumpah. Setelah memiliki salinan yang sudah diterjemahkan, baru dapat diproses ke tahap selanjutnya.

Dilegalisir oleh Kemenhukham dan Kemenlu

Akta cerai tersebut kemudian harus dilegalisir oleh Kemenhukham, setelah itu dilegalisir oleh Kemenlu. Kedutaan Denmark tidak akan memberikan legalisir jika tidak ada legalisir ada dua kementerian tersebut.

Membuat Janji dengan Embassy Danish

Setelah mendapatkan legalisir dari dua kementerian di atas, Anda mengirim appoitment kepada kedutaan Denmark (Embassy Danish) melalui email atau nomor telepon kedutaan. Pihak kedutaan akan menjawab terkait proses legalisir, biaya legalisir, serta jadwal appointment dengan kedutaan Denmark di Jakarta.

Membayar Biaya Legalisir

Setelah mendapatkan jawaban biaya, segera pergi ke standard Chartered Bank yang berada di Jl. Prof. Dr. Satrio No. 16 untuk membayar biaya legalisir tersebut.

Datang ke Kedutaan Denmark

Langkah terakhir yaitu berangkat ke kedutaan Denmark yang berada di Jakarta sesuai dengan jadwal yang sudah diberitahukan. Jangan lupa untuk membawa bukti pembayaran dari bank ketika menyerahkan akta cerai yang akan dilegalisir.

Selain bukti pembayaran, Anda juga perlu membawa kartu identitas yaitu KTP atau SIM. Kartu identitas tersebut akan ditukar dengan kartu masuk ke dalam gedung oleh security yang berjaga. Anda tidak bisa masuk jika tidak membawa kartu identitas. Proses legalisir akta cerai Denmark umumnya membutuhkan waktu tiga hari kerja.

Pentingnya Legalisir Akta Cerai untuk Hak Asuh Anak

Legalisir akta cerai sangat penting untuk kejelasan hukum, salah satunya hak asuk anak jika sudah memiliki anak. Melegalisir dokumen perceraian dengan warga negara Denmark yang melibatkan hak asuh anak akan memudahkan urusan dokumen anak ke depannya.

Contohnya anak akan mendapatkan kejelasan hukum, anak akan mendapatkan kejelasan status warga negara, kejelasan agama yang dianutnya, dan mudah dalam memproses dokumen pendidikan anak.

Proses pengurusan akta cerai tersebut terlihat cukup mudah, tetapi akan sulit bagi Anda yang sibuk kerja atau domisili jauh dari ibu kota. Tidak usah khawatir, Anda bisa menggunakan biro jasa pembuatan visa Denmark. Contohnya PT Jangkar Global Group yang sudah berpengalaman dan terpercaya sebagai jasa legalisir kedutaan.