Plogging dan manfaatnya untuk kesehatan serta alam sekitar

Manusia modern memang selalu melakukan aktivitas yang cukup banyak sehingga mereka perlu menjaga kesehatannya. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan  yang sedang tren saat ini adalah Plogging. Kegiatan ini sendiri olahraga lari yang populer di Swedia. Kata ini sendiri diambil dari kombinasi antara jogging dan istilah Swedia Plocka upp yang artinya mengambil. Kemudian, olahraga ini dikenal sebagai olahraga lari sambil memunguti sampah disekitar.

Manfaat Plogging bagi kesehatan

Olahraga satu ini digagas oleh seorang ahli lingkungan yang bernama Erik Ahlstrom yang bergerak untuk membersihkan kota Stockholm di Swedia. Menurutnya, kota tersebut saat itu kotor dan mirip seperti pembuangan sampah. Oleh karena itu, masyarakat Swedia mulai ramai untuk mempraktikkan olahraga ini sejak tahun 2016. Sementara itu, sejalan dengan tren olahraga lari yang tengah meningkat di Indonesia maka olahraga ini mulai diterapkan oleh beberapa komunitas lari dalam negeri sejak Februari 2018. Secara kesehatan, olahraga ini memberikan manfaat untuk membakar kalori secara efektif. Hal itu disebabkan karena pada olahraga lari satu ini seperti olahraga lari pada umumnya.

Akan tetapi, bedanya aktivitas lari yang diiringi dengan membungkukkan badan untuk mengambil sampah nyatanya bisa meningkatkan efektifitas pembakaran kalori tersebut. Jika jogging bisa membakar 235 kalori dalam tiga puluh menit maka Plogging bisa membakar 288 kalori. Selain itu, olahraga ini juga bisa membantu tubuh lebih sehat dan bugar. Hal itu bisa dilakukan dengan melakukan olahraga ini secara berkala dan lebih dari itu pola makan yang teratur da tidur yang cukup juga mampu terbentuk setelah beraktivitas.

Manfaat Plogging bagi kelestarian lingkungan

Selain itu, olahraga ini juga memiliki manfaat untuk lingkungan sekitar. Hal itu disebabkan karena olahraga tersebut tidak hanya lari akan tetapi sambil memungut sampah yang ada di jalanan. Sampah apapun jenisnya, adalah masalah global yang harus menjadi perhatian khusus bagi setiap individu di bumi. Oleh karena itu, olahraga ini bisa menjadi misi sosial untuk membersihkan lingkungan dari sampah dan bisa membuat tubuh bisa menjadi lebih sehat.

Di Indonesia, olahraga ini sangat bermanfaat terlebih sejak tahun 2006 hingga 2010 produksi sampah di Indonesia mengalami peningkatan. Terlebih dengan tingginya jumlah penduduk di Indonesia. Melimpahnya sampah dalam negeri tidak lepas dari aktivitas industri yang semakin berkembang khususnya di kota-kota besar.

Dari uraian diatas, bisa dikatakan bahwa sampah merupakan perkara yang serius dan Plogging bisa menjawab permasalahan ini. Olahraga satu ini jika bisa diterapkan maka ibarat pepatah sekali mendayung dua pulau terlampaui.maksudnya adalah bahwa olahraga lari sambil memungut sampah akan bermanfaat baik tubuh kita dan juga tetap bisa menjaga kelestarian alam disekitar kita tanpa harus berlelah-lelah.