Resep Nasi Goreng Enak Tanpa Nasi

Nasi goreng adalah salah satu makanan yang paling menenangkan bagi masyarakat Indonesia yang memang sudah cocok di lidah. Rasa yang familiar dengan topping yang menggugah selera membuat hidangan ini menjadi makanan pokok untuk banyak kesempatan. Resep nasi goreng enak bisa ditemukan dengan berbagai kreasi unik.

Tapi apakah Anda termasuk yang sedang mengurangi asupan nasi putih dalam kehidupan sehari-hari? Jika iya, mungkin Anda bisa mencoba resep nasi goreng tanpa nasi sebagai alternatif sehari-hari. Resep ini menggunakan kembang kol sebagai bahan utama sebagai pengganti nasi putih biasa.

Tentu saja membuat ini sangat unik karena namanya saja sudah nasi namun ternyata tidak ada nasi di dalamnya? Menu ini sempat viral dan dicoba oleh banyak orang. Awalnya mungkin terdengar aneh namun Anda bisa mencobanya sendiri dan merasakan perbedaan rasanya yang berbeda dan tentunya juga enak.

Membuat Nasi Goreng Tanpa Nasi

Untuk bahan-bahannya, sama seperti bahan untuk membuat nasi goreng pada umumnya. Bisa menggunakan bakso, telur, sayur-sayuran seperti wortel, daun bawang, dll. Anda bahkan bisa menyesuaikannya dengan selera Anda. Namun pada umumnya, bahan-bahan yang digunakan pada resep nasi goreng enak tanpa nasi ini yaitu:

Bahan-bahan:

  • 1 batang daun bawang, potong sesuai selera
  • 1 bonggol kembang kol ukuran sedang, cuci dan parut halus
  • 1 buah wortel, iris panjang tipis atau kotak kotak
  • 1 butir telur ayam
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 5 buah bakso sapi, potong-potong
  • 5 buah cabai rawit merah, potong sesuai selera (opsional jika ingin pedas)
  • Secukupnya garam, penyedap rasa Maggi Magic Lezat Ayam/Sapi, dan merica

Cara Pembuatan

  1. Siapkan wajab dan beri sedikit minyak. Jika sudah panas, masukkan kembang kol yang sudah diparut untuk ditumis dan mengurangi kadar airnya. Jika sudah layu, sisihkan.
  2. Panaskan kembali wajan, bisa menggunakan minyak atau bisa menggunakan margarin. Buatlah orak arik telur. Jika sudah setengah matang, tambahkan bakso dan wortel. Tumis hingga matang semuanya.
  3. Tambahkan cabai rawit merah dan bawang putih kemudian aduk hingga tercampur merata.
  4. Jika sudah matang, masukkan kembang kol dan aduk lagi. Masukkan garam, penyedap rasa, dan merica. Aduk hingga merata. Tambahkan daun bawang dan aduk lagi hingga daun bawang agak layu.
  5. Angkat dan sajikan. Tambahkan bawang goreng jika diinginkan. Bisa juga menambahkan topping seperti kerupuk atau sesuai selera Anda.

Nah, inilah resep nasi goreng enak. Unik bukan? Bahan utama yang harusnya menggunakan nasi justru diganti menggunakan kembang kol. Mungkin memang terdengar aneh karena namanya saja sudah aneh, namun Anda bisa mencoba terlebih dahulu membuat Anda tidak bisa berhenti memakannya. Cocok juga untuk yang bosan makan nasi setiap hari.

Resep nasi goreng enak bisa dibuat tanpa menggunakan nasi yang diganti menggunakan kembang kol.