Tes Kecepatan Internet

Tes kecepatan internet tentunya sangat penting untuk dilakukan karena memiliki banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh. Khususnya bagi pelajar dan pekerja yang melakukan kegiatannya dengan berbasis internet.

Saat ini, pelajar khususnya di Indonesia sedang menerapkan pembelajaran secara online atau daring, kecepatan internet tentunya akan sangat mempengaruhi keberhasilan belajarnya. Sama halnya dengan pekerja yang mengandalkan kecepatan internet.

Pengertian Tes Kecepatan Internet

Tes kecepatan internet atau dalam bahasa inggrisnya Internet Speed Test merupakan suatu pengujian yang dilakukan untuk mengetahui kapasitas maksimal jaringan internet yang sedang digunakan. Kapasitas maksimal yang digunakan untuk menggunggah ataupun mengunduh data.

Nilai rata-rata dari data itu disebut dengan bandwith. Adanya bandwith ini berfungsi untuk mengetahui seberapa cepat atau lambat kah koneksi internet kita.

Nah, ukuran bandwith ini biasanya terhitung dalam satuan Megabyte per seconds (Mbps). Apabila kecepatan internet yang kita gunakan tersebut yaitu 5 Mbps menandakan bahwa kecepatan data berpindah sebesar 5 megabytes setiap 1 detiknya.

Komponen Utama dalam Tes Kecepatan Internet

Dalam melakukan tes kecepatan internet, terdapat tiga komponen utama yang perlu kita perhatikan yakni download speed, upload speed dan ping. Adapun perbedaan di antara ketiga komponen tersebut sebagai berikut:

  • Download speed

Download speed merupakan kecepatan jaringan atau koneksi internet saat mengunduh data. Angka dalam download speed ini akan menunjukan berapa lama perangkat (HP, Laptop, dsb) yang kita gunakan saat menerima data.

Download speed ini sangat berguna untuk melakukan kegiatan seperti menerima pesan, menonton atau melakukan video streaming hingga bermain game online.

  • Upload speed

Upload speed merupakan kecepatan jaringan intenet yang dibutuhkan saat mengunggah data ke internet. Contohnya yaitu saat kita membagikan foto dan video di sosial media atau mengirim pesan melalui Whatsapp.

  • Ping

Ping merupakan jeda waktu yang dibutuhkan. Dengan kata lain, nilai yang muncul pada ping adalah jumlah jeda waktu yang diperlukan oleh jaringan komputer atau media yang kita pakai untuk memindahkan data.

Secara umum, nilai ping ini tidak disajikan dalam satuan mbps melainkan dalam miliseconds atau milidetik.

Selain Mbps, satuan kecepatan internet juga dilihar dari Kbps. Misal, 1 mbps setera dengan 1.000 kbps dan 20 mbps setara dengan 20.000 kbps.

Hal tersebut menandakan bahwa kecepatan dengan satuan mbps lebih cenderung cepat dibandingkan kbps. Dengan demikian, kecepatan internet sangat dipengaruhi oleh seberapa besar satuan kecepatannya.

Manfaat Nilai Bandwith dalam Kecepatan Internet

Setelah kita mengetahui pengertian dan komponen utamanya, kita juga perlu mengetahui berapa ukuran atau jumlah rata-rata nilai bandwith yang baik dalam menggunakan internet antara lain:

  • 1 mbps yakni kecepatan internet ini di mana jaringan internet lebih berfungsi untuk melakukan browsing di website.
  • 2-4 mbps yakni kecepatan internet yang berfungsi untuk melakukan video streaming dengan kualitas yang standar.
  • 4-6 mbps yakni kecepatan internet yang berfungsi untuk melakukan video streaming dengan kualitas cukup tinggi yaitu 720p.
  • 6-10 mbps yakni kecepatan internet yang berfungsi untuk mengunduh video dan menonton video dengan kualitas yang jauh lebih tinggi yaitu 1080p.
  • 10-20 mbps yakni kecepatan internet yang tergolong cepat di mana berfungsi untuk video streaming serta mengunduh data anti lambat.
  • Di atas 20 mbps yakni kecepatan internet yang jauh lebih cepat dibandingkan sebelumnya dan dapat berfungsi banyak hal. Misalnya, untuk menonton video streaming dengan kualitas terbaik, hingga mengunduh dengan sangat cepat.