Tips Menjalankan Bisnis Restoran Tetap Ramai Ketika Ramadan

Bisnis Restoran merupakan salah satu usaha kuliner yang saat ini banyak dijalankan. Banyak pebisnis yang memilih usaha kuliner karena bisnis tersebut dinilai tidak akan pernah redup. Hal tersebut memang benar, dengan menerapkan strategi yang tepat usaha kuliner yang anda jalankan justru akan semakin ramai. Hal itu juga berpengaruh ketika bulan puasa loh! Ketika bulan puasa, anda tidak bisa menggunakan strategi pemasaran seperti hari-hari biasa pada usaha kuliner anda. Salah strategi justru dapat membuat omzet penjualan usaha kuliner anda menurun. Bila menjalankan strategi seperti biasa pada bisnis restoran anda ketika Ramadan, kemungkinan pelanggan yang datang akan lebih sedikit dibanding biasanya. Lalu, apa saja tips yang perlu anda lakukan agar restoran anda semakin ramai pengunjung ketika bulan Ramadan? Ini dia beberapa cara yang dapat anda coba ketika bulan Ramadan telah datang.

Tips Menjalankan Restoran Agar Tetap Ramai Ketika Ramadan

1.      Memberikan Promo Khusus Ramadan Berkah

Pada bulan Ramadan, anda dapat memberikan promo khusus untuk menarik calon pelanggan datang ke restoran anda. Dengan memberikan promo khusus di beberapa menu makanan, dapat mendatangkan rasa ketertarikan calon pembeli untuk membeli menu tersebut. Tidak hanya berlaku pada menu makanan, anda juga dapat menerapkan promo pada menu minuman seperti buy 1  get 1 free. Buatlah promo yang menarik, namun tetap pikirkan bagaimana agar anda tidak merugi ketika memberikan promo tersebut.

2.      Menggunakan Tema Ramadan

Dengan datangnya bulan Ramadan, anda dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan menggunakan tema Ramadan. Tema tersebut dapat anda aplikasikan dalam segala hal mulai dari dekorasi bernuansa Ramadan, kemasan makanan atau banner yang betuliskan ucapan Ramadan.

1.      Membuat Promo Paket Buka Puasa

Anda dapat membuat promo paket buka puasa saat Ramadan seperti menambahkan takjil atau jajanan manis. Ketika puasa, biasanya orang akan mendahulukan untuk berbuka dengan makanan kecil dulu sebelum menyantap makanan berat. Oleh karena itu, dengan menambahkan takjil pada paket promo dapat membuat calon pelanggan tertarik.

3.      Tetap Buka Di Waktu Sahur

Dengan waktu operasional yang tetap buka ketika waktu sahur, dapat mempermudah orang yang kesulitan mencari makanan untuk sahur atau bagi mereka yang malas memasak. Banyak restoran yang tutup ketika waktu sahur tiba, tentunya  ini menguntungkan bagi anda karena dapat menjadikan restoran anda sebagai buruan pencari makanan sahur loh!

4.      Promosikan Restoran Anda Melalui Social Media

Konsep restoran sudah kekinian, menu makanan lezat, harga juga terjangkau namun restoran anda masih tetap sepi? Anda perlu melakukan promosi melalui sosial media! dengan mengunggah konten tentang restoran anda ke platform sosial media yang sedang hitz saat ini, dapat membuat orang mengetahui bisnis restoran anda. Buatlah konten yang menarik dan berisi mengenai informasi bisnis anda secara jelas. Gunakan juga hashtags yang tepat dan tidak berlebihan agar usaha anda semakin mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

            Inilah tips yang dapat anda coba agar bisnis restoran anda tetap ramai ketika bulan Ramadan. Pastikan ketika bulan Ramadan anda menggunakan strategi yang berbeda dengan hari-hari biasa ya! Karena nyatanya strategi juga berpengaruh pada konversi penjualan bisnis anda. Satu hal yang tidak boleh anda lupakan, mulailah untuk mempromosikan usaha anda melalui platform media sosial. Bila anda tidak memiliki keahlian dalam mempromosikan dan membuat konten sosmed, anda dapat menggunakan penyedia jasa social media marketing terpercaya. Ingat, jangan sembarangan dalam memilih penyedia jasa iklan sosmed. Anda dapat mempercayakan pilihan anda kepada Herco Digital Indonesia karena dikenal sebagai perusahaan konsultan pemasaran terpercaya dengan pengalaman lebih dari 8 tahun.