Yuk Kenalan dengan Crowdfunding, Platform Investasi yang Menguntungkan

Saat terjun di dunia bisnis, Anda tentunya memiliki banyak ide-ide kreatif dan penuh inovasi sehingga meningkatkan produktivitas dalam bisnis yang Anda jalankan. Dalam dunia bisnis, modal adalah pondasi dasar. Jika pondasi yang dipasang tidaklah kuat, maka bisnis tersebut tidak akan dapat ditopang dengan baik. Karena itu, dana yang cukup untuk memulai suatu usaha adalah hal terpenting yang perlu disiapkan.

Mengajukan pinjaman modal usaha merupakan salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan. Sebelum Anda mengajukan pinjaman, sebaiknya pastikan dulu bunga dan hal-hal lain yang mungkin saja menghambat bisnis Anda suatu saat. Untuk itulah, Anda perlu mendapatkan pinjaman yang lebih baik, dengan memanfaatkan apa yang disebut sebagai crowdfunding.

Apa Itu Crowdfunding

Apa itu crowdfunding? Crowdfunding adalah sebuah bentuk pendanaan bagi mereka yang membutuhkan dana untuk mengembangkan usaha, di mana pendanaan tersebut terkumpul dari beberapa orang. Pendekatan ini menggunakan upaya kolektif dari sejumlah individu secara online dengan memanfaatkan sebuah platform atau media sosial crowdfunding sebagai alat penjangkaunya.

Crowdfunding juga merupakan salah satu bentuk dari crowdsourcing dan keuangan alternatif yang mulai kembali muncul dan banyak digunakan orang untuk membantu para pengusaha ataupun UKM pemula.

Crowdfunding mempunyai sebuah platform berupa website yang dapat diakses oleh pemilik modal. Usaha atau bisnis yang dimiliki selanjutnya akan didaftarkan ke dalam sebuah website dan nantinya akan ditampilkan agar para pemberi dana dapat menanamkan dananya sekaligus membantu pengembangan usaha yang Anda miliki.

Cara Kerja Crowdfunding

Dana dapat terkumpul biasanya setelah memakan waktu beberapa hari. Setelah dana yang sudah ditargetkan terkumpul, maka dana tersebut dapat dicairkan ke rekening pemilik usahanya. Namun, ad acara tertentu untuk lebih mengoptimalkannya. Anda dapat menjalankan tiga hal seperti berikut:

1.       Menyiapkan proposal usaha agar lebih menarik

Agar orang berkenan menanamkan dananya dalam proposal yang Anda ajukan, hendaknya Anda menyiapkan proposal usaha yang menarik, interaktif dan lebih informatif dalam pengajuannya. Hal ini dilakukan agar informasi yang diberikan dapat diterima dengan baik bagi mereka yang ingin menanamkan dananya pada usaha atau bisnis milik Anda.

Informasi yang disampaikan juga harus lengkap seperti jenis usaha, proses manajemen, proses pemasaran, hingga tujuan utama dari bisnis yang dijalani. Anda dapat menyajikannya dengan melalui teks, tulisan, gambar maupun video.

2.       Mendaftarkan ke platform crowdfunding

Apabila Anda sudah menggarap proposal dengan baik dan cukup, maka Anda dapat mencari platform equity crowdfunding Indonesia yang terpercaya dan memiliki regulasi yang resmi agar segala proses transaksi yang dilakukan lebih aman.

3.       Mengikuti perkembangan dari proposal yang diajukan

Setelah memilih platform crowdfunding, unggah proposal usaha yang sudah dibuat dan jangan lupa untuk terus memantau perkembangan dari proses funding tersebut. Apabila ada pertanyaan yang diajukan pemilik modal terkait usaha maupun bisnismu, Anda dapat memberikan jawaban yang singkat, padat dan meyakinkan.

Hal ini dilakukan agar para pemilik modal tertarik dan yakin untuk menanamkan modalnya untuk bisnis milik Anda.